Halaman

Selasa, 24 Juli 2018

Coretan tentang Jurusanku

Readers, kali ini aku memposting jurusanku yaitu fisioterapi. Oiya, sekarangkan aku berstatus sebagai Mahasiswa Baru (Maba) di Universitas Muhammadiyah Malang yang berjurusan Fisioterapi. Apa sih Jurusan Fisioterapi itu? kenapa sih saya memilih jurusan fisioterapi? Selama ini, banyak yang mengira jurusan Fisioterapi ini profesinya hanya sebagai seorang tukang pijat. Ini tidak benar ya guys, karena apa yang dilakukan seorang fisioterapis sangat berbeda. Jadi tukang pijat ga harus kuliah dan belajar sungguh-sungguh keless :v. Jurusan Fisioterapi adalah salah satu jurusan yang belum banyak orang tahu. Pengertian lain fisioterapi adalah merupakan ilmu yang menitikberatkan pengobatannya untuk menstabilkan atau memperbaiki gangguan fungsi alat gerak/fungsi tubuh yang terganggu yang kemudian diikuti dengan proses/metode terapi gerak. Fisioterapi merupakan profesi di bidang kesehatan. Menempuh pendidikan resmi selama 3 tahun untuk Diploma Fisioterapi dan 4 tahun (atau lebih) untuk gelar sarjana sains terapan Fisioterapi. Seseorang yang lulus dari akademi/fakultas fisioterapi akan menyandang gelar profesi Fisioterapis dan mempunyai kewenangan untuk melakukan aktifitas atau pekerjaan di bidang Fisioterapi.

Keunggulannya ialah Fisioterapi mempunyai ruang lingkup pekerjaan yang luas, mulai dari preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Tidak ada batasan usia dan jenis kelamin yang dapat ditangani oleh Fisioterapi. Jadi nantinya pekerjaan Fisioterapis tidak hanya di rumah sakit saja. Fisioterapis juga bisa menjadi seorang fitness instruktur yang handal, Fisioterapis bisa menjadi dosen atau tenaga pengajar, Fisioterapis bisa bekerja di spa atau wellness center, Fisioterapis menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah tim olahraga, klinik tumbuh kembang, sekolah kebutuhan khusus dan Fisioterapi juga dapat melakukan praktek mandiri
Jadi Fisioterapi itu adalah proses merehabilitasi seseorang agar terhindar dari cacat fisik melalui serangkaian pencegahan, diagnosis, serta penanganan untuk menangani gangguan fisik pada tubuh akibat cedera atau penyakit. Fisioterapi bisa dilakukan pada pasien dari semua rentang usia, misalnya untuk mengobati sakit punggung, persiapan olahraga, hingga persiapan persalinan. Tujuan dari dilakukannya fisioterapi adalah mengembalikan fungsi tubuh setelah terkena penyakit atau cedera. Jika tubuh menderita penyakit atau cedera permanen, maka fisioterapi dapat diprioritaskan untuk mengurangi dampaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar